Laman

5 Usaha Sampingan yang Bagus Bagi Karyawan

5 Usaha Sampingan yang Bagus Bagi Karyawan

5 Usaha Sampingan yang Bagus Bagi Karyawan

Walaupun sudah memeroleh gaji tetap, seorang karyawan bisa jadi membutuhkan uang lebih untuk suatu keperluan atau penghasilan tambahan.

Dalam hal ini, seorang karyawan bisa melakukan pekerjaan sampingan yang tidak akan mengganggu waktu kerja utamanya, namun bisa mendatangkan penghasilan ekstra.

Ada macam-macam usaha sampingan untuk karyawan, namun tidak ada satupun yang bisa dianggap paling ideal; masing-masing orang seharusnya memiliki pertimbangan sendiri-sendiri untuk memilih usaha sampingan sehingga tidak mengganggu pekerjaan utamanya ataupun membuatnya kelelahan dan stres sehingga sama sekali tidak punya waktu untuk beristirahat atau bersantai bersama keluarga.

Berikut adalah beberapa jenis usaha sampingan untuk karyawan dengan berbagai pertimbangannya masing-masing untuk anda yang berminat memiliki usaha sampingan.

1. Usaha resale.
Usaha yang satu ini sering kita lihat di lingkungan perkantoran; seorang karyawan membawa sekantung barang dagangan seperti aksesoris, pakaian, makanan ringan atau kosmetik, lalu menawarkannya pada rekan-rekan sekantornya di saat istirahat.

Usaha ini terbilang tidak memakan waktu karena bisa anda lakukan dengan cara mencuri-curi waktu luang untuk menawarkan barang anda, namun jenis usaha ini biasanya untungnya tidak banyak. Akan tetapi, kini seorang karyawan bisa menggunakan blog atau akun jejaring sosialnya untuk menawarkan barang di sela-sela waktu luang bahkan di rumah, sehingga tidak terlampau memakan waktu.

2. Direct selling/MLM.
Jenis usaha ini hampir mirip usaha dagang lainnya, namun karyawan yang menekuni pekerjaan sampingan ini punya tugas ekstra yaitu mengundang orang lain untuk menjadi rekanan demi mendapat keuntungan.

Jenis usaha ini juga terhitung cukup populer sebagai usaha sampingan untuk karyawan, namun anda harus waspada karena sudah banyak kejadian penipuan yang menimpa para anggotanya. Jika anda ingin melakukannya, usahakan anda menjadi rekanan perusahaan yang sudah memeroleh reputasi baik sehingga orang pun akan lebih mudah diyakinkan.

3. Mengelola situs/blog
Banyak karyawan masa kini yang suka mengisi blog pribadi di sela-sela waktu senggang mereka, dimana blog ini kemudian diuangkan dengan cara menjual space iklan atau mendaftar di Google Adsense dan Google Adwords.

Usaha jenis ini cenderung sulit mendatangkan untung dalam waktu singkat, namun cenderung tidak memakan waktu. Bila benar-benar ditekuni, usaha ini dapat sangat menguntungkan. Syaratnya, anda harus benar-benar berdedikasi untuk membentuk sebuah blog atau situs yang benar-benar bermutu dengan konten orisinal.

4. Investasi.
Usaha investasi merupakan salah satu usaha sampingan untuk karyawan yang digemari oleh mereka yang ingin membuat tabungan masa depan atau pensiun dini, karena walaupun investasi merupakan jenis usaha yang resikonya tinggi, imbalannya pun sebanding. Saat ini, ada bermacam-macam jenis investasi yang bisa dipilih seperti investasi emas, saham, properti, investasi perkebunan dan sebagainya. Usaha investasi juga biasanya tidak terlalu memakan waktu karyawan, sehingga tidak akan mengganggu aktifitas harian.

5. Usaha kuliner.
Usaha yang satu ini bisa diwujudkan dalam bermacam-macam cara; mulai dari membuat makanan ringan sendiri, membuat kue hingga cokelat.

Kebanyakan pelakunya memang adalah mereka yang hobi memasak, sehingga mereka tidak akan merasa lelah dan terpaksa ketika harus memasak lagi setelah pulang kantor. Anda bisa menjualnya langsung kepada teman-teman sekerja, atau menjualnya secara online jika makanan buatan anda memang memiliki nilai jual dan daya tarik.

Usaha sampingan untuk karyawan biasanya dilakukan dengan bermacam tujuan, namun pilihannya harus tetap disesuaikan dengan keadaan anda sendiri.

kalaupun anda pernah mendengar kisah sukses pengusaha yang memulai karirnya dengan melakukan salah satu aktifitas di atas sewaktu masih jadi karyawan, anda harus memastikan bahwa usaha yang anda lakukan memang cocok dengan kondisi di tempat kerja anda.